Minggu, 17 Juli 2011

perbedaan prosesor pentium 4, celeron, dual core, core 2 duo

perbedaan tentang processor

Perbedaan Beberapa Processor

1. Intel Pentium 4
Biasa disebut Pentium 4. Meski dalam satu keluarga namun memiliki kecepatan yang berbeda-beda. Demikian juga dengan socket yang digunakan. Versi terbanyak yang digunakan Pentium 4 adalah menggunakan socket 478. Pada versi terbarunya telah menggunakan socket LGA 775 untuk mendukung beberapa motherboard keluaran terbaru.

2. Intel Pentium 4 Celeron Celeron adalah versi terjangkau dari Pentium dan Core Series, dengan pengurangan fitur dan kemampuan (pastinya, gimana bisa murah klo gak gini!) Jadi, pada dasarnya arsitektur (blue-print) Celeron adalah dari Pentium (dan Core Series)!

Kelebihan:
Celeron lebih murah
Celeron lebih dingin
Celeron lebih hemat listrik

Kekurangan:
Celeron lebih lambat dr Pentium/Core Series
Celeron fiturnya lebih sedikit dari Pentium/Core Series

3. Intel Dual Core Prosesor Dual Core, bisa dianalogikan sebagai kepala yang berisi dua otak, atau bolehlah kita analogikan juga sebagai ruangan produksi dengan dua mesin. mereka yang menggunakan komputer yang melakukan lebih dari satu pekerjaan sekaligus dalam satu waktu.
Kekurangan Intel Dual Core:

-Agak lambat jika memainkan/menyalakan suatu aplikasi berat
-Harga sedikit mahal(5jt).
Keuntungan:
-dapat dibeli dengan dana yang relatif banyak.
-JIka komputer anda bedasarkan game computer.dapat digunakan secara pas-pasan.

4. Intel Core 2 Duo
Core 2 Duo = punya 2 inti/core processor di chip nya , penerus generasi P4 ama Pentium D

Jika Procesor 4 hyper threading pengertiannya adalah: Istilah Procesor Hyper trading (HT ) sering kita jumpai ,namun apa yang sebenarnya dimaksud hypertrading itu sendiri.,sebelumny akan saya sedikit beri gambaran mengenai kata HYPER dan Threading pengertiannya Hyper (suatu yang lebih ,melebih2kan,extra dll) dan Threading (diambil dari kata thread ,thread yang artinya dalam bahasa komputer adalah task dan task artinya adalah proses).



Sedangkan HYPER TRADING (HT ) adalah suatu pengertian tentang procesor yang memiliki core tunggal / satu yang dapat menjalankan / bekerja secara bersamaanUntuk prosesor yang ada hypertradingny adlah Prosesor yang hanya satu inti dan bisa bekerja. Prosesor intel pentium 4 socket Lga 775 .,yang bermain di kecepatan 3.0 ghz.,prosesor intel pentium d ,xeon ...,.,.beda dengan prosesor intel pentium 4 socket 478 .



Pengertian Intel Celeron
Prosesor desktop Intel Celeron D lebih maju dibanding Prosesor desktop Intel Celeron. Fitur-fitur teknologi yang ’dimasukkan’ ke dalam prosesor ini lebih banyak. Prosesornya pun diproduksi dengan teknik fabrikasi yang lebih kecil, yaitu 90 nm dan 65 nm, sehingga chip silikon-nya mampu menampung jumlah transistor yang lebih banyak. Terdapat tiga kelompok prosesor Intel Celeron D yang diproduksi oleh perusahaan Intel, yaitu Intel Celeron D bernama sandi Prescott-256 (90 nm), Cedar Mill-512 (65 nm) dan Conroe-L (65 nm)




DUAL CORE Istilah ini adalah istilah teknis untuk merujuk kepada Teknologi Processor atau Arsitektur Processor dimana dalam 1 Keping Processor/CPU terdapat 2 buah Inti processor. 
Dual Core merupakan sebuah nama teknologi processor berarsitektur dua inti atau juga disebut 2 otak bukan sebuah jenis atau merek dari prosesor,Dual core bisa juga diartikan 2 prosesor yang digabung menjadi satu prosesor.
Teknologi Dual Core menghasilkan
-Intel : Intel Pentium D, Intel Celeron Dual Core, Intel Pentium dual core (Intel Core Duo), Intel Core 2 Duo.

Pengertian core2duo

Istileh Processor CORE intel yang lain adalah CORE2DUO, yang berarti Processor CORE yang dibagun dengan teknologi 2 Core dengan tambahan fungsi dipasangnnya Cache Memmory pada masing masing Core. Jadi bila CORE DUO masih memakai 1 Cache /L2 untuk Kedua CORE, maka pada CORE2DUO masing masing inti sudah dipasangkan Cache secara sendiri sendiri, yang masih bekerja sama secara paralel.  Perkembangan terakhir dari Intel CORE processor adalah di buatnya processor dengan 4 inti atau disebut juga Intel Core2Quad.

6 komentar:

  1. Bagus mana sih antara Acer Aspire 4739 dgn Acer Aspire 4736 ?

    BalasHapus
  2. Gab menurut agan kecepatan browsing nya bagusan mana antara duo core ama pentium 4 ??!

    BalasHapus
  3. gmna carax memaksimalkan kinerja intel core 2 duo gan??

    tlg segera diberi solusinya..

    BalasHapus
  4. kalo masalah keecepatan browsing sih setau saya tergantung modemnya gan..,
    bukan soal pentium 4 atau duo core

    BalasHapus
  5. pantium d sama pantium r(4) untuk konsumsi listriknya lbh hemat mana ya gan,,soalnya sama2 lemot,, mending pilih yang hemat listrik aja deh

    BalasHapus
  6. Lebih bagus yang mana. Dual core dg celeron

    BalasHapus